Program Java Ku
Posted in
Label:
TUGAS
|
di
3/12/2013 09:08:00 PM
Membuat Program
Menu (Input Biodata dan menguji angka Ganjil/Genap) dengan JAVA
Program
ini akan menampilakan 3 Menu utama yaitu :
1. Menu
Biodata
2.
Bilangan Ganjil/Genap
3. Exit
kemudian
user akan memilih salah satu menu diatas, setelah itu user diminta untuk
menginput data. Jika user memilih menu pertama yaitu “Biodata”
maka, user akan diminta memasukan data Nama, Kelas dan NPM. Kemudian Outpunya
(berupa Nama, Kelas dan NPM) akan ditampilkan setelah inputan selesai.
Jika user
memilih menu kedua yaitu “Bilangan Ganjil-Genap” maka user diminta untuk
mennput bilangan kemudian akan diuji oleh progtam apakah bilangan yang diinput
bilangan Ganjil atau Genap.
Lalu,
Jika user memilih menu ketiga yaitu “Exit” maka user akan keluar dari program
ini.
1. Listing Program
package kelompok1;
import javax.swing.*;
public class Kelompok1 {
public static void
main(String[]args){
String box, nama, kelas,
npm, angka;
box = JOptionPane.showInputDialog("-
- Menu - -\n1. Biodata\n2. Bilangan Ganjl dan Genap\n3. EXIT");
int pil, a, b, c, d;
pil =
Integer.parseInt(box);
switch(pil){
case 1:
nama =
JOptionPane.showInputDialog("Masukan Nama: ");
kelas =
JOptionPane.showInputDialog("Masukan Kelas: ");
npm =
JOptionPane.showInputDialog("Masukan NPM: ");
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Nama
Anda :
"+nama+"\n\nKelas Anda
: "+kelas+"\n\nNPM
Anda : "+npm);
break;
case 2:
angka =
JOptionPane.showInputDialog("Masukan Angka: ");
a =
Integer.parseInt(angka);
if(a%2==0){
JOptionPane.showMessageDialog(null,a+"
Adalah Bilangan Genap.");}
else{
JOptionPane.showMessageDialog(null,a+"
Adalah Bilangan Ganjil.");}
break;
case 3:
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Exit
. . . ?\nTerimakasih.");
break;
default:
JOptionPane.showMessageDialog(null,"System
Error !\nOut Of Menu !");
System.exit(0);
}}}
|
2. Logika Program
package kelompok1;
import javax.swing.*; --> //
kita melakukan import library javax.swing agar mendukung syntax JOptionPane
public class Kelompok1 { --> // nama cLass yang dibuat
public static void
main(String[]args){ --> //method pada java
String box, nama, kelas, npm,
angka; --> //mendklarasikan variable box, nama,
kelas, npm, dan angka bertipe String
box = JOptionPane.showInputDialog("-
- Menu - -\n1. Biodata\n2. Bilangan Ganjl dan Genap\n3. EXIT"); --> //meberikan isi variable box dengan
tampilan input berbasis GUI yang telah di import dari library javax.swing,
kemuadia terdiri dari 3 menu utama, yaitu menu Biodata, Ganjil Genap, dan
Exit
int pil, a, b, c, d; --> /* mendkalarsika
varibel pil, a,b,c, dan d bertipe integer */
pil = Integer.parseInt(box); --> // mengisi varible pil, dengan mengubah tipe data varible
box yaitu integer menjadi sring untuk di eksekusi di percabangan
switch(pil){ --> //percabangan dengan parameter variable "pil"
case 1: --> //jika memilih
"1" maka perintah dibawah ini akan di eksekusi
nama =
JOptionPane.showInputDialog("Masukan Nama: "); --> //menampilkan kotak input untuk memasukan
nama
kelas =
JOptionPane.showInputDialog("Masukan Kelas: "); --> // menampilkan kotak input untuk
memasukkan kelas
npm =
JOptionPane.showInputDialog("Masukan NPM: "); --> // menampilkan kotak input untuk
memasukkan NPM
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Nama
Anda :
"+nama+"\n\nKelas Anda
: "+kelas+"\n\nNPM
Anda : "+npm); --> // menampilkan kotak
pesan yang memunculkan nama dengan memanggil variabel nama yang telah diinput
kemudian variabel kelas dan NPM pun ditampilkan
break; --> // untuk menghentikan eksekusi pada case 1
case 2: -->// jika memilih 2 maka perintah ini akan dieksekusi
angka =
JOptionPane.showInputDialog("Masukan Angka: "); -->// menmpilkan kotak input untuk
memasukkan angka yang akan diuji
a =
Integer.parseInt(angka); -->// merubah variabel angka yang tadinya
string menjadi integer kemudian ditaruh di variabel a
if(a%2==0){ --> // percabangan if dengan kondisi jika a
modulus 2 = 0 maka perintah dibawah akan dieksekusi
JOptionPane.showMessageDialog(null,a+"
Adalah Bilangan Genap.");} -->// menampilkan kotak pesan dengan memanggil variabel a
kemudian dinyatakan sebagai bill genap
else{ --> //
jika kondisi tidak terpenuhi dieksekusi atau a modulus 2 tidak sama dengan 0
maka perintah di bawah ini akan di eksekusi
JOptionPane.showMessageDialog(null,a+"
Adalah Bilangan Ganjil.");} -->//
menampilkan kotak pesan dengan memanggil variabel a kemudian dinyatakan
sebagai bill ganjil
break; --> // untuk
menghentikan eksekusi perintah pada case 2
case 3: --> // jika memilih 3
maka perintah ini akan dieksekusi
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Exit
. . . ?\nTerimakasih."); --> // menmpilkan kotak pesan yang bertuliskan
terima kasih
break; --> //
untuk menghentikan eksekusi perintah pada case 3
default: --> // perintah yang akan dieksekusi jika user tidak memenuhi
atau tidak memilih pilihan yang disediakan yaitu 1, 2, dan 3 maka perintah
dibawah ini akan dieksekusi
JOptionPane.showMessageDialog(null,"System
Error !\nOut Of Menu !"); --> //
menampilkan kotak pesan yang menyatakan bahwa pilihan user tidak ada di menu
yang disediakan
System.exit(0); --> // perintah keluar
dari program ketika tombol ok di klik
}}}
|
3. Output Program
Jika user memilih menu 1. Biodata Maka Outputnya sebagai berikut :
Jika user memilih menu 2. Bilangan Ganjil/Genap Maka Outputnya sebagai berikut :
Jika user memilih menu 3. EXIT Maka Outputnya sebagai berikut :
0 Response to "Program Java Ku"