7 KIAT JITUMENGHADAPI INTERVIEW

7 KIAT JITUMENGHADAPI INTERVIEW

Dalam proses melamar pekerjaan, interview adalah tahap yang paling menentukan, karena merupakan tahapan terkahir pada proses recruitment pegawai di suatu perusahaan. Interview adalah proses komunikasi antara pihak perusahaan dan kita sebagai pelamar pekerjaan. Saya sendiri pernah berpengalaman melakukan interview pada saat melamar menjadi Asisten Laboratorium Perangkat Keras Universitas Gunadarma. Kiat-kiatnya cukup mudah untuk dipelajari dan dipahami. Berikut saya jelaskan setiappointnya:
1.   Berpenampilan Rapih, penampilan adalah first view (pandangan pertama) yang nantinya akan menjadi penilaian terhadap kita sebagai pelamar, karakter seseorang bias dilihat dari cara berpakaianya.
2.   Percaya Diri, kita harus tampil percaya diri dengan jawaban yang kita lontarkan, kepercayaan diri seseorang dapat dilihat melalui eye contact (kontakmata), sebaiknya dan sangat disarankan kita melihat langsung mata lawan bicara kita, sehingga terlihat meyakinkan.
3.   Pelajari semua hal tentang perusahaan, semakin kita banyak tahu, maka semakin banyak komunikasi lisan yang akan terjadi dan proses interview akhirnya menjadi lebih santai dan mengalir.
4.   Jika perusahaan asing, maka kuasailah bahasaInggris (minimal). Kemampuan bahasa seseorang akan menjadi bahan pertimbangan.
5.   Tujukan pengetahuan kita pada bidang yang kita lamar/ajukan, hal itu sangat penting karena pengetahuan dasar itu harus dimiliki, agar tidak perlu penyesuaian yang terlalu lama.
6.   Senyum, jangan lupakan senyum, karena senyum adalah salah satu body language (bahasatubuh) yang positif.
7.   UcapkanTerimakasih, apapun yang terjadi pada saat percakapan, lancer atau tidak, kita harus memiliki good attitude (etika yang baik) karena didalam perusahaan nanti kita akan berkerja secara tim dan harus mengerti etika berkomunikasi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "7 KIAT JITUMENGHADAPI INTERVIEW"