Program Java Ku


Membuat Program Menu (Input Biodata dan menguji angka Ganjil/Genap) dengan JAVA
Program ini akan menampilakan 3 Menu utama yaitu :
1. Menu Biodata
2. Bilangan Ganjil/Genap
3. Exit
kemudian user akan memilih salah satu menu diatas, setelah itu user diminta untuk menginput data. Jika user memilih menu pertama yaitu “Biodata” maka, user akan diminta memasukan data Nama, Kelas dan NPM. Kemudian Outpunya (berupa Nama, Kelas dan NPM) akan ditampilkan setelah inputan selesai.
Jika user memilih menu kedua yaitu “Bilangan Ganjil-Genap” maka user diminta untuk mennput bilangan kemudian akan diuji oleh progtam apakah bilangan yang diinput bilangan Ganjil atau Genap.
Lalu, Jika user memilih menu ketiga yaitu “Exit” maka user akan keluar dari program ini.

1. Listing Program

package kelompok1;

import javax.swing.*;
public class Kelompok1 {

public static void main(String[]args){
String box, nama, kelas, npm, angka;
box = JOptionPane.showInputDialog("- - Menu - -\n1. Biodata\n2. Bilangan Ganjl dan Genap\n3. EXIT");
int pil, a, b, c, d;
pil = Integer.parseInt(box);
switch(pil){
case 1:
nama = JOptionPane.showInputDialog("Masukan Nama: ");
kelas = JOptionPane.showInputDialog("Masukan Kelas: ");
npm = JOptionPane.showInputDialog("Masukan NPM: ");
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Nama Anda  :  "+nama+"\n\nKelas Anda  :  "+kelas+"\n\nNPM Anda    :  "+npm);
break;
case 2:
angka = JOptionPane.showInputDialog("Masukan Angka: ");
a = Integer.parseInt(angka);
if(a%2==0){
JOptionPane.showMessageDialog(null,a+" Adalah Bilangan Genap.");}
else{
JOptionPane.showMessageDialog(null,a+" Adalah Bilangan Ganjil.");}
break;
case 3:
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Exit . . . ?\nTerimakasih.");
break;
default:
JOptionPane.showMessageDialog(null,"System Error !\nOut Of Menu !");
System.exit(0);
}}}
 

2. Logika Program

package kelompok1;
import javax.swing.*;   --> // kita melakukan import library javax.swing agar mendukung syntax JOptionPane

public class Kelompok1 {   --> // nama cLass yang dibuat

public static void main(String[]args){  --> //method pada java

String box, nama, kelas, npm, angka;  --> //mendklarasikan variable box, nama, kelas, npm, dan angka bertipe String

box = JOptionPane.showInputDialog("- - Menu - -\n1. Biodata\n2. Bilangan Ganjl dan Genap\n3. EXIT");    --> //meberikan isi variable box dengan tampilan input berbasis GUI yang telah di import dari library javax.swing, kemuadia terdiri dari 3 menu utama, yaitu menu Biodata, Ganjil Genap, dan Exit


int pil, a, b, c, d;    --> /*  mendkalarsika varibel pil, a,b,c, dan d bertipe integer */


pil = Integer.parseInt(box);  --> // mengisi varible pil, dengan mengubah tipe data varible box yaitu integer menjadi sring untuk di eksekusi di percabangan


switch(pil){  -->  //percabangan dengan parameter variable "pil"

case 1:  -->  //jika memilih "1" maka perintah dibawah ini akan di eksekusi

nama = JOptionPane.showInputDialog("Masukan Nama: ");   --> //menampilkan kotak input untuk memasukan nama


kelas = JOptionPane.showInputDialog("Masukan Kelas: ");   --> // menampilkan kotak input untuk memasukkan kelas


npm = JOptionPane.showInputDialog("Masukan NPM: ");   --> // menampilkan kotak input untuk memasukkan NPM


JOptionPane.showMessageDialog(null,"Nama Anda  :  "+nama+"\n\nKelas Anda  :  "+kelas+"\n\nNPM Anda    :  "+npm);    -->  // menampilkan kotak pesan yang memunculkan nama dengan memanggil variabel nama yang telah diinput kemudian variabel kelas dan NPM pun ditampilkan


break;  --> // untuk menghentikan eksekusi pada case 1

case 2:   -->// jika memilih 2 maka perintah ini akan dieksekusi

angka = JOptionPane.showInputDialog("Masukan Angka: "); -->// menmpilkan kotak input untuk memasukkan angka yang akan diuji


a = Integer.parseInt(angka);  -->// merubah variabel angka yang tadinya string menjadi integer kemudian ditaruh di variabel a


if(a%2==0){   --> // percabangan if dengan kondisi jika a modulus 2 = 0 maka perintah dibawah akan dieksekusi

JOptionPane.showMessageDialog(null,a+" Adalah Bilangan Genap.");}    -->// menampilkan kotak pesan dengan memanggil variabel a kemudian dinyatakan sebagai bill genap


else{   --> // jika kondisi tidak terpenuhi dieksekusi atau a modulus 2 tidak sama dengan 0
 maka perintah di bawah ini akan di eksekusi


 JOptionPane.showMessageDialog(null,a+" Adalah Bilangan Ganjil.");}  -->// menampilkan kotak pesan dengan memanggil variabel a kemudian dinyatakan sebagai bill ganjil


break;  -->  // untuk menghentikan eksekusi perintah pada case 2


case 3:   -->  // jika memilih 3 maka perintah ini akan dieksekusi


JOptionPane.showMessageDialog(null,"Exit . . . ?\nTerimakasih.");  --> // menmpilkan kotak pesan yang bertuliskan terima kasih


break;     --> // untuk menghentikan eksekusi perintah pada case 3


default:   --> // perintah yang akan dieksekusi jika user tidak memenuhi atau tidak memilih pilihan yang disediakan yaitu 1, 2, dan 3 maka perintah dibawah ini akan dieksekusi


JOptionPane.showMessageDialog(null,"System Error !\nOut Of Menu !");   --> // menampilkan kotak pesan yang menyatakan bahwa pilihan user tidak ada di menu yang disediakan


System.exit(0);   --> // perintah keluar dari program ketika tombol ok di klik
}}}



3. Output Program 

Jika user memilih menu 1. Biodata Maka Outputnya sebagai berikut :
















Jika user memilih menu 2. Bilangan Ganjil/Genap Maka Outputnya sebagai berikut :



















Jika user memilih menu 3. EXIT Maka Outputnya sebagai berikut :


















Link Kelompok : http://pebarch.blogspot.com/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Program Java Ku"